Home » , » Apa Itu Lensa Prime / fixed Dan Kelebihannya

Apa Itu Lensa Prime / fixed Dan Kelebihannya

Advertisement
Pengertian lensa fixed atau prime - penting sekali bagi anda yang masih pemula untuk mengenal jenis jenis lensa serta kegunaannya agar nantinya anda tidak akan salah dalam membeli lensa kamera DSLR. Lensa prime atau fixed ialah sebuah lensa kamera yang hanya memiliki satu buah focal lenght. Contoh dari lensa prime adalah lensa merk Canon 50mm f/1.8 dan Canon EF 20mm f/2.8 ataupun yang dari merk Nikon ialah Nikon 35mm f/1.4G, ataupun yang dari produk aftermarket seperti lensa Tamron 90mm f/2.8 Macro.

Nah dari sekian banyak lensa yang hanya mempunyai satu buah focal lenght tunggal dinamakan dengan lensa fixed atau lensa prime. Hal ini berbeda 180 derajat dengan lensa jenis Zoom yang mempunyai banyak sekali titik focal leght. Agar anda lebih jelas dan mengerti bagaimana bentuk dari lensa kamera jenis fixed silahkan lihat gambar yang ada dibawah ini.

Baca juga : Apa itu vignette dan bagaimana bisa terjadi ?


apa itu lensa fixed


Keistimewaan yang ada pada lensa jenis fixed / prime


Adapun beberapa kelebihan yang ada pada sebuah lensa jenis prime ini diantaranya adalah sebagai berikut ini :


  • Memiliki ukuran lensa yang sangat kecil dan ringan bila dibandingkan dengan lensa lain selain lensa fixed. Hal ini disebabkan karena lensa prime ini hanya mempunyai sebuah titik focal lenght sehingga membuat desainnya tidak serumit lensa jenis lain sehingga lensa fixed ini bisa dikatakan lebih efisien.
  • Lensa prime memiliki kualitas optik lensa yang sangat bagus sekali karena manufaktur hanya memfokuskan untuk memproduksi lensa lensa yang berkualitas sehingga bisa menghasilkan gambar terbaiknya pada focal lenght yang dibuatnya itu.
  • Harga lensa fixed ini lebih murah dan tentu saja terjangkau oleh kantong bagi mereka mereka yang minim budget. Murahnya harga ini dikarenakan memang desain dan kontruksi dalam proses pembuatannya tidaklah serumit lensa jenis lainnya seperti lensa jenis Zoom yang memerlukan banyak sekali elemen penggerak yang bisa digunakan untuk melakukan Zoom in dan Zoom out.
  • Lensa yang cepat karena lensa ini biasanya mempunyai Aperture yang lebih maksimal dan sangat lebar sehingga dapat menampung banyak cahaya. Kualitas lensa yang beginilah yang disebut dengan lensa cepat dimana kita dapat menggunakan Shutter Speed tinggi pada saat memaksimalkan aperture. Karena aperture nya lebar hal ini dapat menjadikan Viewfinder menjadi terlihat lebih cerah.
  • Bisa digunakan untuk membuat foto bokeh karena memang secara karakteristik lensa jenis prme ini mampu menghasilkan foto bokeh. Semakin besar dan maksimal aperture nya akan membuat kualitas dari foto bokehnya semakin mak nyoss. Pensaran dengan apa itu foto bokeh ? silahkan Baca : Pengertian foto bokeh didunia fotografi
  • Lensa bokeh dapat membuat kita menjadi lebih memiliki kreatifitas yang tinggi dalam hal pengambilan gambar, kenapa demikian ? Karena jenis lensa prime ini hanya memiliki satu buah titik focal lenght maka mau tidak mau jika kalian ingin mengubah komposisi foto yang hendak diambil kalian harus melakukan gerakan maju mundur untuk melakukan Zoom in dan Zoom out untuk menghasilkan gambar dengan kualitas bokeh yang diinginkan.

lensa prime
fixed lenses wide angle


Baca juga : Tips dalam membeli lensa kamera bekas berkualitas

Nah tulisan mengenai pengertian lensa prime atau fixed dan beberapa kelebihan yang ada pada lensa fixed diatas semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.