Home » » Mengenal Lebih Dalam Lensa Sapu Jagat

Mengenal Lebih Dalam Lensa Sapu Jagat

Advertisement
Apa itu lensa sapu jagat ? - lensa ialah bagian terpenting bagi sebuah kamera, yang tanpanya sudah pasti kamera akan kehilangan kemampuannya dalam melakukan pengambilan gambar berkualitas. Untuk jenis lensa sendiri dipasaran dijual dalam berbagai ukuran. Mungkin kalian pernah mendengar istilah lensa sapu jagat namun kalian sendiri belum begitu paham dengan apa yang dimaksud lensa sapu jagat ini. Oleh karena itu kami akan mencoba memberikan penjelasan mengenai lensa keren yang dijadikan oleh para traveller dan hobbies di dunia fotografi ini.

Lensa sapu jagat atau yang juga dikenal dengan istilah lensa All - around ini ialah istilah yang digunakan pada sebuah lensa kamera yang mempunyai focal range yang mencakup keseluruhan ukuran lensa ( tidak hanya satu ukuran ), mulai dari range sempit sampai yang lebar, serta memiliki focal lenght dari wide angle sampai dengan tele. Dengan kata lain pengertian lensa sapu jagat ini adalah sebuah lensa yang bisa kita gunakan untuk memotret jarak dekat maupun jarak jauh tanpa harus mengganti lensa. Bentuk dan model lensa seperti ini pun bervariasi dengan kisaran harga mulai yang terjangkau kantong pelajar hingga yang mahal tergantung kemampuan dan kualitas dari lensa tersebut.

lensa sapu jagat untuk nikon
Image by : Nikonrumors.com

Baca juga : Mari mengenal kode singkatan yang ada pada lensa Nikon

Biasanya fotografer yang sudah paham dan mengerti akan dunia fotografi ini lebih memilih menggonta ganti lensa kamera sesuai dengan apa yang dia butuhkan untuk mendapatkan hasil gambar yang berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan, namun bagi kalian yang tidak terbiasa dengan hal ini sungguh akan kerepotan jika harus melakukan yang demikian. Nah bagi mereka yang hobi berwisata + fotografi alias travel fotografi, ataupun pemula sekalipun mungkin lebih sering mengandalkan dua jenis lensa agar lebih fleksibel, yang satu adalah lensa fix dan yang kedua adalah lensa sapu jagat ini karena hal itu dirasa lebih efektif dan hemat waktu, dan yang paling penting lagi adalah kita tidak perlu membawa banyak lensa dalam perjalanan.

Dengan hanya membawa dua buah lensa andalan tadi tentunya mereka tidak harus direpotkan untuk melakukan gonta ganti lensa, sebab lensa sapu jagad ini sudah mampu melengkapi dan mewakili seluruh lensa yang ada. Dan dibawah ini adalah beberapa manufaktur kamera dan lensa yang juga mengeluarkan lensa sapu jagat diantaranya adalah sebagai berikut :

Berikut adalah beberapa kamera yang mengeluarkan berbagai jenis lensa sapu jagat


  • Nikon 18-200 mm VR f/3.5-5.6 VR versi II
  • Canon 18-200 mm f/3.5-5.6 IS
  • Tamron 16-300 mm f/3.5-6.3 VC PZD Di II
  • Tamron 18-270 mm f/3.5-6.3 PZD VC Macro
  • Tamron 18-250 mm f/3.5-6.3 Macro
  • Sigma 18-200 mm f/3.5-6.3 OS HSM Macro C


Apakah lensa sapu jagat ini memiliki kekurangan serta kelebihan ?

Sudah pasti setiap jenis lensa memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Dan dibawah ini ialah kelebihan serta kekurangan yang ada pada lensa sapu jagat yang dapat kalian jadikan bahan pertimbangan ketika akan membelinya.

#Kelebihan lensa sapu jagat


  • Lensa sapu jagat ini lebih fleksibel dan juga ringkas karena lensa jenis ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai situasi dalam pengambilan foto karena anda tidak perlu menggonta ganti lensa lagi.
  • Lebih ekonomi sebab anda hanya cukup membeli satu buah lensa sapu jagat daripada anda harus membeli banyak sekali lensa kamera dengan focal lenght yang berbeda.
  • Lensa AF - S 18-200mm ialah salah satu jenis dari lensa sapu jagat yang seringkali digunakan oleh sebagian besar fotografer karena lensa ini memiliki jangkauan fokus yang lebih luas, mulai dari panjang hingga lebar sehingga lensa tersebut mampu meng - akomodasi seluruh kebutuhan dalam sesi pemotretan seperti lanscape, potrait hingga tele.


#Kelemahan lensa saput jagat


  • Lensa sapu jagad bukanlah lensa yang masuk kedalam kategori lensa premium, yang artinya kualitas dari lensa ini serta gambar yang dihasilkan dari lensa sapu jagat ini tidaklah sebaik jika menggunakan lensa yang memiliki focal lenght pendek, terlebih jika dibandingkan dengan lensa prime atau fix.


Baca juga : Mari mengenal apa itu lensa Fix dan kelebihan yang dimilikinya

NB :
" Lensa standar atau lensa kit bisa juga disebut sebagai lensa sapu jagat karena lensa kit ini memiliki panjang dan range focal yang fleksible dan dapat diubah ubah seperti contohnya lensa kit 18-55mm f/3.5-5.6G VR II, hanya saja focal lenght yang dimiliki lensa kit tersebut lebih pendek bila dibandingkan dengan lensa sapu jagat yang memiliki ukuran panjang focal mulai dari 16 atau 18mm sampai dengan 300mm. "

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai lensa sapu jagat / sapu jagad ini, semoga bermanfaat.

Anda bisa mencari tulisan mengenai pengertian lensa sapu jagat dengan beberapa kata kunci berikut :

  • Arti lensa sapu jagat
  • Pengertian lensa sapu jagat
  • Apa sih lensa sapu jagat itu ?
  • Kelebihan lensa sapu jagat dibanding lensa lain
  • Kekurangan lensa sapu jagat
  • Harga lensa sapu jagat
  • Jenis jenis lensa kamera DSLR
  • Contoh lensa sapu jagat
  • Cara memilih lensa sapu jagat