Home » » Pengertian Vignette Dan Jenis Jenisnya

Pengertian Vignette Dan Jenis Jenisnya

Advertisement
Pegertian vignette pada gambar - istilah vignette sangatlah umum didunia fotografi dan penyebab terjadinya vignette inipun beragam, mulai dari yang tidak disengaja sampai dengan yang memang sengaja untuk dibuat vignette. Vignette sendiri artinya adalah warna atau efek gelap yang muncul pada bagian pojok atau tepian foto / gambar yang diambil menggunakan kamera sedangkan pada bagian tengah foto warnanya normal seperti biasanya.

Untuk jenis vignette nya pun berbeda beda mulai dari yang sedikit sekali gelapnya, ada yang lumayan gelap hingga ada yag warnanya hitam pekat. Efek vignette ini bagi sebagian orang diartikan sebagai perusak gambar karena membuat kualitas gambar yang dihasilkan menjadi kehilangan kualitasnya, dan bagi sebagian orang lagi malah menyebutnya sebagai bentuk keindahan. Untuk lebih jelas mengenai apa itu vignette silahkan dilihat gambar dibawah ini.

contoh vignette pada gambar

Dan dibawah ini adalah beberapa penyebab umum yang bisa memunculkan efek vignette ketika kita melakukan pengambilan gambar yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Penyebab timbulnya vignette pada gambar


1. Vignette mekanis

Jenis vignette ini adalah timbulnya efek gelap pada bagian tepian gambar akibat adanya pemasangan lens hood oleh si fotografer yang kurang begitu presisi atau sejajar atau bisa juga diakibatkan karena terlalu banyaknya memasang filter pada sebuah lensa kamera. Atau bisa juga munculnya vignette mekanis ini disebabkan karena adanya sambungan yang kurang bagus pada lensa yang dipasang ataupun juga memang sengaja dipasangi sebuah filter lensa agar dapat memunculkan efek vignette itu sendiri. Biasanya vignette jenis mekanis ini dapat menyebabkan efek gelap total pada tepian gambar secara mendadak. Untuk memperbaiki munculnya vignette semacam ini biasanya bisa dilakukan dengan jalan menurunkan f - stop yang dapat meringankan ataupun menghilangkan efeknya walaupun solusi ini bukanlah solusi yang ideal.

Baca juga : Daftar kelas kamera DSLR Nikon

Untuk mengecek apakah vignette mekanis ini terjadi pada kamera anda, cobalah untuk melepas kesemua sambungan sambungan lensa dan lihatlah apakah masih terdapat efek vignette ataukah tidak. Bila masih ada kemungkinan besar tidak terjadi pada lensanya, dan cobalah untuk melakukan pemeriksaan pada tiap sambungannya.


2. Vignette optik

Vignette optik ini biasanya disebaklan karena adanya penambahan kaca pada lensa kamera seperti lenda tlepotho, wide angle, macro dan lain sebagainya. Perlu kalian ketahui bahwa tiap penambahan kaca lensa ini akan mempengaruhi penyempitan bukaan lensa yang membolehkan cahaya masuk. Biasanya vignette yang terjadi akan terlihat lebih soft dan tergradasi.

Agar tidak terjadi yang demikian cobalah anda berhati hati dalam membeli sebuah lensa kamera. Lakukan riset mengenai beberapa jenis lensa yang akan kalian beli sebelum anda benar benar kecewa bila membeli lensa yang mungkin memunculkan vignette seperti ini. Pikirkan juga mengenai jumlah seberapa banyak lensa kamera yang kalian sambungkan ke body, pastikan anda tidak menumpuk banyak lensa, karena sebaik apapun kualita lensa yang kalian miliki jika pemakaiannya ditumpuk tumpuk secara berlebih juga bisa menjadi penyebab timbulnya vignette optik ini. Opsi sementara coba turunkan f - stop atau aperture nya.


3. Vignette alami

Vignette yang muncul secara alami ini berbeda dengan kedua jenis vignette yang telah dibahas diatas sebelumnya. Hal ini bukan karena terhalangnya bias cahaya yang masuk kedalam kamera oleh lensa melainkan karena sensor kameranya. Vignette alami ini dapat muncul akibat sudut masuk dari cahaya yang mengenai sensor lebih sedikit dibagia pinggirnya ketimbang bagian tengahnya. Ketiga jenis vignette yang telah disebutkan ini biasanya adalah jenis yang sulit untuk diperbaiki dan anda tidak bisa melakukan banyak hal guna menghindarinya. Namun jangan kuatir dulu karena lensa lensa modern yang dijual dipasaran saat ini sudah mengadopsi teknologi yang bisa mencegah timbulnya vignette pada hasil jepretan. Meskipun mungkin masih ada yang lolos dan timbul vignet kemungkinan orang awam dalam mengidentifikasinya akan sulit kecuali yang melihatnya adalah mata mata orang yang sudah pro.

Baca juga : Ini kelebihan dan kekurangan menggunakan format RAW saat mengambil gambar

4. Vignette buatan

Dari namanya sudah jelas jika efek vignette ini adalah karena sengaja dibuat menggunakan beberapa software atau aplikasi image editor seperti potoshop atau aplikasi android yang menyediakan koleksi efek fignette didalamnya. Untuk efek vignette hasil buatan ini tidak melulu berwarna hitam saja melainkan warna apa saja bisa dijadikan sebagai efek termasuk tingkatannya mulai dari yang fost atau pembut, sedang hingga vignette solid pada tepian gambar. Biasanya vignette yang sengaja dibuat buat ini digunakan sebagai keperluan hiasan untuk menambah estetika gambar khususnya untuk menekankan suatu objek yang berada pada bagian tengah gambar.