Home » » Rekomendasi Lensa Sapu Jagat Terbaik

Rekomendasi Lensa Sapu Jagat Terbaik

Advertisement
boralgan maslah gonta ganti lensa, apalagi membawa banyak sekali lensa kamera berbagai ukuran, oleh sebab itulah diciptakan sebuah lensa yang mampu untuk membackup semuanya yang biasa disebut dengan lensa sapu jagat.

Lensa sapu jagat ini memiliki jangkauan fokus yang luas mulai dari yang dekat maupun yang jauh seperti lensa tele. Namun demikian kualitas gambar yang dihasilkan oleh jenis lensa tidaklah begitu bagus jika dibandingkan dengan lensa fix. Buat kalian yang hendak membeli lensa sapu jagat sebagai senjata andalan dalam berburu foto, dibawah ini ada beberapa merk lensa sapu jagat yang bisa kalian coba miliki.



1. Nikon 18-200mm VR f/3.5-5.6 VR versi II
Bagi pemilik kamera Nikon, menggunakan produk yang memang disediakan oleh Nikok sendiri merupakan pilihan terbaik karena kualitas gambar yang dihasilkan dari lensa Nikon ini sangat berkualitas, tajam dan bagus di range 18-70mm namun sedikit menurun di range diatas 130mm ( semua lensa sapu jagat sepertinya demikian ), begitupun dengan desain body lensa nya yang terlihat premium. Dengan kualitas terbaik yang ditawarkan ini tentu saja membuat harganya pun juga sedikit lebih mahal. Harga lensa Nikon 18-200mm VR f/3.5-5.6 VR  II ini di kisaran angka 9 juta an. Jika kalian rasa terlalu mahal bisa coba menggunakan tamron ataupun sigma yang harganya lebih murah.

2. Canon 18-200mm f/3.5-5.6 IS
Lensa sapu jagat yang bisa kalian miliki selanjutnya adalah dsri Canon, walau secara kualitas lensa milik Canon ini tidak setajam dan sebagus milik Nikon, namun untuk range jauh alias tele lebih bagus lensa milik Canon. Kekurangan yang ada pada lensa ini adalah masih menggunakan teknologi lama untuk fitur auto fokusnya sehingga masih terdengar suara dan kurang begitu cepat dalam mengambil fokus. Bagi pemilik kamera Canon tentu saja lensa yang satu ini adalah pilihan terbaik untuk digunakan. Harga yang ditawarkan untuk lensa Canon ini di kisaran angka 7.8 sampai 9 juta rupiah.

3. Tamron 18-270mm f/3.5-6.3 PZD VC Macro
Lensa sapu jagat keluaran tamron ini adalah salah satu lensa yang memiliki range paling jauh jika dibandingkan dengan lensa yang telah disebutkan diatas. Kualitas foto yang dihasilkan oleh lensa ini cukup bagus di rsnge18 - 135mm namun berangsur menurun untuk jarak diatasnya terutama di range 200-270. Lensa ini sangat pas digunakan bagi anda yang suka melakukan pengambilan gambar dari jarak jauh seperti foto satwa liar dan lain sebagainya. Kekurangan yang ada pada lensa lensa tamron ini kebanyakan adalah di area auto fokus yang lumayan berisik dan terkadang sering mengalami kegagalan dalam mengunci objek. Karena adanya kekurangan yang ada, saya rasa sangat wajar bila harga yang ditawarkan untuk lensa sapu jagat merk Tamron ini sangat terjangkau bagi pemula yakni sekitar 4 sampai 5 jutaan.

4. Tamron 18-250mm f/3.5-6.3 Macro
 Lensa sapu jagat terbaik selanjutnya masih dari tamron yaitu lensa Tamron 18-250mm f/3.5-6.3 Macro. Lensa dengan panjang focal yang sedikit lebih pendek dari lensa Tamron yang kita bahas sebelumnya diatas ini memiliki kelebihan ukurannya yang kecil dan lebih ringan bobotnya, namun sayang lensa yang satu ini belum memiliki fitur built in stabilizer sehingga sedikit merepotkan fotografer ketika mengambil gambar di dalam ruangan yang gelap. Penggunaan paling ideal dari lensa ini adalah diatas tripod dan di luar ruangan alias outdoor. Harga yang ditawarkan dari lensa tamron yang satu ini juga lumayan murah hanya sekitar 3 jutaan rupiah saja.

5. Tamron 16-300mm f/3.5-6.3 VC PZD Di II
Lensa sapujagat terbaik selanjutnya masih dari Tamron dengan generasi terbarunya yang memiliki panjang fokal sangat mengagumkan hingga 300mm. Memiliki bobot yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu besar ini memiliki kualitas lensa yang bisa dibilang cukup baik dan bagus melihat kinerja dari autofokusnya yang lebih bagus ketimbang generasi sebelumnya. Oleh karenanya bisa dibilang lensa ini adalah lensa sapu jagat yang terbaik dilihat dari rentang panjang focalnya. Harga lensa Tamron 16-300mm f/3.5-6.3 VC PZD ini ditawarkan pada kisaran harga 6.7 sampai 7 juta an.

6. Sigma 18-200mm f/3.5-6.3 OS HSM Macro C
Lensa sapu jagat terbagus yang terakhir adalah lensa sigma 18-200mm f/3.5-6.3 HSM Macro C Yang memiliki kecepatan auto fokus yang sangat baik dan akurasinya lebih bagus dibandingkan produk dari Tamron, bahkan hampir tidak bersuara saat menentukan fokus objek. Selain itu lensa ini juga memiliki desain yang lumayan ramping dengan bobot yang ringan plus fitur Macro yang memungkinkan anda memotret objek kecil atau makro. Lensa sigma ini masih tergolong generasi baru yang juga kompatibel dengan lensa dock guna memprogram ulang auto fokus bila terjadi error.  Harga dari lensa sigma ini berada dikisaran harga 5 juta an saja.

Untuk produk lensa noj original diatas seperti lensa sigma dan juga tamron tersedia untuk beberapa body kamera baik dari Canon, Nikon, Pentax maupun Sony. Semoga bermanfaat.