Home » » Tips Membeli Lensa Kamera DSLR Bekas Aman Berkualitas

Tips Membeli Lensa Kamera DSLR Bekas Aman Berkualitas

Advertisement
Tips beli lensa kamera bekas berkualitas - bagi penikmat seni fotografi yang tidak memiliki banyak dana alias hanya terbatas, pilihan terbaik untuk membeli segala perlengkapan aksesoris fotografi ialah dengan membeli barang bekas yang salah satunya adalah membeli lensa kamera DSLR. Yang perlu kalian pertimbangkan sebelum melakukan pembelian adalah bahwa yang namanya lensa bekas, tentu saja sudah pernah dipakai oleh orang lain baik pemilik pertama atau bahkan lensa tersebut sudah sering berpindah tangan. Dan segala kemungkinan yang pernah terjadi pada lensa bekas tersebut sangatlah besar seperti mengalami cacat fisik ringan sampai yang serius.

Untuk itu anda sebagai calon pembeli / pengguna lensa bekas tersebut sebaiknya harus teliti sebelum membeli. Nahh, Nah lagi nih, bagi kalian yang masih awam mengenai dunia fotografi alias masih pemula dan mencoba mencari aksesoris lensa second, agar tidak salah dalam membeli sebaiknya perhatikan beberapa aspek dibawah ini agar nantinya tidak kecewa sebab harga sebuah lensa kamera sangatlah mahal walaupun barang second. https://ulasfoto.blogspot.com/

Tips dan Cara Aman membeli Lensa Bekas Berkualitas

Dan dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli lensa kamera bekas atau second.

Tips membeli lensa kamera second berkualitas


1. Memeriksa Kondisi Fisik Body Lensa

Hal pertama yang perlu kalian cek adalah kondisi fisik dari body sebuah lensa bekas yang kalian minati. Pastikan tidak ada kerusakan / cacat seperti karet karet sudah longgar / lepas, penyok, cat terkelupas dan lain sebagainya yang pada intinya akan mengganggu anda ketika menggunakannya.


Tips dan Cara Aman membeli Lensa Bekas Berkualitas


2. Memeriksa kondisi AF/Auto Fokus

Sebuah lensa kamera seringkali auto fokusnya mengalami kerusakan seperti ngadat, kadang bisa kadang tidak, bahkan mati total. Nah bila diketahui auto fokus dari lensa tersebut bermasalah sebaiknya sebagai orang yang pintar anda tidak membelinya kecuali anda seorang teknisi yang bisa memperbaiki masalah ini :). Auto fokus lensa biasanya dalam kondisi tertentu sangat dibutuhkan fungsinya loh.

Baca juga : Cara menyimpan lensa serta kamera agar tidak rusak


Tips dan Cara Aman membeli Lensa Bekas Berkualitas

3. Titik Api Tidak Berfungsi

Kerusakan lensa kamera pada tingkat yang lebih parah biasanya titik api yang ada pada lensa juga akan mengalami gangguan serupa, nah kerusakan pada area ini akan menyulitkan kamera dalam mencari titik fokus dari objek yang akan kita ambil gambarnya. Untuk mengetesnya silahkan anda nyalakan kamera dan gunakan lensa tersebut untuk objek dengan memfokuskan sehingga titik api tersebut memberikan tanda bahwa kokus kamera telah sempurna.


4. Fokus Namun Tidak Halus

Pengecekan selanjutnya ketika anda memutuskan untuk membeli lensa kamera bekas ialah dengan memastikan bahwa lensa yang hendak kalian beli masih bisa fokus terhadap objek yang dibidik dengan sempurna. Untuk melakukan pengecekan ini cobalah secara berulang kali membidik suatu objek tertentu kemudian periksalah hasil foto yang kalian ambil tadi apakah fokusnya halus ataukah kasar.


5. Periksa Jamur Pada Lensa

Tips membeli lensa kamera DSLR bekas berkualitas sleanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi dari lensa kamera tersebut, apakah terdapat jamur ataukah tidak sebab lensa kamera yang ditumbuhi jamur akan membuat hasil pemotretan menjadi kurang sempurna. Kenapa bisa jamur tumbuh pada lensa kamera ? Hal ini biasanya dikarenakan perawatan pemilik lensa yang kurang baik, misalnya menaruh lensa kamera di tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Biasanya untuk melakukan pengecekan pakailah lensa tersebut untuk memotret gambar hitam polos dan putih polos kemudian perhatikan apakah hasil foto tersebut terlihat buruk seperti terdapat garis dan lain sebagainya. Bila iya sebaiknya hindari beli lensa kamera yang berjamur sebab biaya untuk pembersihan jamur sendiri sangat mahal antara 250 ribu sampai 800 ribu tergantung tingkat kesulitan bongkar pasang lensanya.


Tips dan Cara Aman membeli Lensa Bekas Berkualitas

6. Cek Diafragma Macet / Kasar 

Lakukan pengecekan diafragma dari lensa tersebut apakah ada masalah pada diafragmanya ataukah tidak. Caranya adalah dengan melakukan uji coba mengambil gambar dengan setting diafragma dengan bukaan paling kecil, sedang dan terakhir bukaan besar guna memastikan apakah ada masalah pada diafragmanya.

7. Kelengkapan Tools Lensa

Perhatikan pula beberapa kelengkapan lain dari lensa bekas yang hendak kalian beli seperti penutup lensa atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan lens cap. Fungsi dari lens cap atau penutup lensa ini adalah untuk menjaga agar bagian dalam lensa tersebut tidak kemasukan debu atau kotoran. Sebenarnya tidak masalah sih membeli lensa tang tidak ada penutupnya, toh kalian bisa membelinya di toko aksesoris kamera dengan harga yang terjangkau antara 60 ribu sampai 200 ribu tergantung jenis lensa.

Baca juga : Arti jual beli kamera DSLR BO only

Tips dan Cara Aman membeli Lensa Bekas Berkualitas


Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan sebagai indikator dalam membeli sebuah lensa bekas berkualitas bagus. Namun sekali lagi pilihan tetap dikembalikan kepada anda, bila kalian sudah sreg dengan lensa kamera yang diinginkan ya monggo langsung di pinang agar tidak didahului oleh pembeli lain :).