Home » » Kenapa Kamera DSLR JDM Harganya Lebih Murah ?

Kenapa Kamera DSLR JDM Harganya Lebih Murah ?

Advertisement
Kamera DSLR garansi JDM - mungkin bagi kalian yang baru saja mengenal dunia fotografi khususnya bila hendak membeli sebuah kamera digital DSLR pasti akan merasa kebingungan dengan adanya 2 pilihan jenis kamera yang dijual, biasanya kamera DSLr yang lebih banyak dijual dalam dua varian ini. Lalu apasih sebenarnya kamera bergaransi JDM ini ? Dalam artikel kali ini akan kami jelaskan secara gamblang arti dari barang JDM dan kenapa harganya murah dibandingkan dengan yang bergaransi resmi indonesia.

Pengertian barang JDM

Barang yang dijual dan bergaransi JDM adalah seluruh barang elektronik yang diimport langsung dari negara jepang dan tidak memiliki garansi resmi lokal indonesia dan hanya memiliki garansi resmi negara jepang saja yang proses pengadaannya dilakukan oleh seseorang atau perorangan yang memesan produknya langsung dari negara jepang. Berbeda halnya dengan kamera DSLR yang bergaransi resmi indonesia pengadaannya melalui distributor resmi yang ditunjuk dan memiliki kewenangan untuk mendistribusikan produk mereka di indonesia, dalam hal ini untuk kamera nikon adalah PT. ALTA NIKINDO ( nikon indonesia )

nikon garansi JDM


Kenapa barang JDM harganya murah ?

Murah dan mahalnya kamera JDM dan resmi indonesia dipengaruhi oleh sistem pemberian garansi produk yang bersangkutan. Jika kamera DSLR tersebut adalah resmi dari ALTA maka akan mendapatkan garansi lokal indonesia dan dijamin oleh distributor PT. ALTA NIKINDO jika terjadi kerusakan pada produk selama masa garansi. Sedangkan produk JDM tidak, mereka hanya memiliki garansi resmi jepang jasa dan jika terjadi kerusakan pada kamera JDM anda hanya dapat melakukan klaim garansinya dinegara jepang saja dan akan ditolak bila anda mengajukannya ke ALTA. itulah kenapa barang JDM harganya bisa murah bahkan terpaut jauh dari harga umum kamera yang ada di indonesia.

Baca juga : Daftar kamera DSLR Nikon dengan harga terjangkau

Kualitas kamera Nikon garansi resmi dan JDM

Untuk masalah kualitas produk keduanya adalah sama karena sama sama dibuat dibawah bendera dan lisensi dari Nikon corp sehingga QC atau Quality Controlnya sama. Hanya saja masalah pihak yang memberikan garansi saja yang berbeda.

Dibawah ini adalah beberapa perbandingan antara kelebihan dan kekurangan dari kamera produk JDM

Kelebihan kamera JDM

Harga yang ditawarkan lebih murah dari harga resmi yang beredar dipasaran walaupun produk ini adalah hasil import.
Memiliki kualitas yang sama persis baik itu produk JDM ataupun produk lokal karena quality controlnya tetaplah standard nikon.

Kekurangan kamera JDM

Jika terjadi kerusakan maka pengajuan klaim garansi akan lebih sulit, tidak akan diterima oleh ALTA selaku distributor resmi di indonesia. Anda hanya bisa mengajukan klaim garansi produk produk JDM dinegara jepang saja. Namun jangan kuatir biasanya produk model ini garansinya akan diganti oleh garansi toko dan bila terjadi rusak atau malfungsi anda bisa melakukan perbaikan di toko yang menjual kamera tersebut.
Layanan purna jual atau after sales dari produk ini tidak didukung oleh PT. ALTA NIKINDO selaku distributor resmi sehingga biasanya harganya akan jatuh alias nyungsep.

Saran dan tips

Untuk sekedar saran saja bila kalian hendak membeli kamera DSLR dan tidak memiliki anggaran yang banyak maka produk JDM ini merupakan pilihan yang pas untuk anda. Namun bila kalian menginginkan kamera dengan harga purna jual yang bagus maka belilah yang bergaransi lokal indonesia.

Nah mungkin tulisan diatas dapat membantu ands dalam memahami istilah kamera bergaransi JDM yang seringkali anda dengar atau lihat di jual beli online seperti bukalapak ataupun tokopedia. Karena harganya yang murah ini sering juga banyak penipu yang memanfaatkan murahnya harga kamera DSLR kualitas JDM untuk memperdaya korban terutama mereka yang tidak tahu menahu bagaimana cara membeli barang secara online yang benar.

Baca juga : Pengertian vignette dalam dunia fotografi

Tips membeli barang yang dijual secara online
Untuk memperoleh barang yang dijual dengan harga murah di marketplace seperti tokopedia ataupun bukalapak sebaiknya anda menggunakan fitur rekening bersama alias rekber karena uang anda lebih aman dan terjamin. Atau bila si penjual ternyata masih satu kota dengan anda ajaklah bertemu langsung atau COD ditempat yang ramai orang. Semoga bermanfaat :).
Anda juga dapat mencari artikel diatas dengan kata kunci berikut :

  • Pengertian kamera JDM
  • Ala itu kamera JDM
  • Bagaimana claim garansi kamera JDM
  • Kelebihan kekurangan kamera JDM
  • Tips membeli barang JDM
  • Kamera nikon JDM
  • Garansi JDM