Home » , , » Kelebihan Dan Kekurangan Lensa Tele / Telephoto

Kelebihan Dan Kekurangan Lensa Tele / Telephoto

Advertisement
Kekurangan dan kelebihan lensa tele - didunia seni fotografi terdapat satu buah lensa yang bisa dibilang cukup menarik yang bisa digunakan untuk melakukan pengambilan gambar. Memiliki kemampuan dalam menghasilkan jepretan gambar yang tajam, detail dan memiliki kemampuan zoom tinggi. Lensa tersebut adalah lensa tele atau telephoto lenses.

Selain keunggulan yang telah disebutkan diatas ternyata lensa tele ini juga memiliki kelebihan lain yang tentu saja akan membuat jenis lensa ini lebih menarik walaupun setiap jenis lensa kamera ini juga memiliki sisi kelemahan sehingga memaksa anda untuk berfikir kembali ketika akan menggunakannya. Untuk lebih jelasnya mengenai benerapa kelebihan dan kekurangan lensa kamera jenis tele silahkan disimak dibawah ini.

nikon tele lenses


Kelebihan lensa tele / telephoto


Menghasilkan sebuah ruang tajam

Tidak seluruh jenis lensa kamera dapat menghasilkan ruang tajam yang baik seperti lensa tele ini. Sehingga lensa tele bisa kalian jadikan pilihan guna memberikan efek ruang yang tajam dan lebih mendalam. Dengan mempunyai fokus utama yang lebih sempit, oleh sebab itu lensa ini bisa menghasilkan latar belakang atau background yang buram secara sempurna.

Baca juga : Apa itu lensa fixed dan kelebihannya

Dapat menghasilkan foto jenis makro

Mungkin banyak yang menganggap lensa jenis ini tidak bisa digunakan untuk menghasilkan fotografi makro. Dan kenyataannya memang dengan panjangnya focal lenght yang dimiliki oleh lensa tele ini tidak bisa digunakan untuk pengambilan objek dengan jarak dekat layaknya lensa prime. Namun jangan salah, ada beberapa jenis lensa ini yang diberikan fitur tambahan yang dapat difungsikan untuk melakukan pengambilan gambar secara makro dengan hasil yang tentu saja memuaskan si fotografernya. Sebut saja lensa tele merk thamron 300 mm / f.4.6 macro, atau lensa tele fix Canon EF 100 mm / f2.8 USM. Beberapa lensa tele yang tidak diberikan fitur khusus inipun juga bukan berarti tidak bisa digunakan untuk foto macro, bisa tentu saja dengan menggunakan teknik pemotretan yang tepat.

Bagus untuk foto potrait dan minim distorsi

Dan dari beberapa fotografer pun memfavoritkan lensa ini guna mengambil gambar tegak / potrait seperti foto model fashion, pre wedding, foto menara, foto bangunan tinggi dan lain sebagainya. Kelebihan dari penggunaan lensa tele untuk foto potrait ialah memampuannya dalam meng - eliminasi distorsi yang ada pada bagian wajah dan ditambah lagi kedalaman fokus dari lensa ini tipis sehingga menimbulkan efek yang lembut serta memukau. Karena kelebihan ini membuat lensa jenis tele tidak hanya melulu digunakan untuk fotografi outdoor, fotografi indoor seperti studio foto juga banyak yang menggunakannya.

Memberikan efek kompresi

Efek berupa kompresi yang dihasilkan oleh lensa jenis tele ini ialah salah satu hal yang sangat menarik. Efek kompresi ini dapat menjadikan gambar yang ada pada objek lebih nampak rapat antar satu dengan lainnya. Terutama latar belakang dan objek utama jadi terlihat saling mendekat padahal jarak antar objek dan background nya jauh. Dan karena efek ini pulalah yang bisa membuat ekspresi yang ada didalam foto potrait ini menjadi lebih bisa tertangkap. Layaknya sebuah ilusi, objek yang jauh dan dekat dapat terlihat berkumpul bersama menjadi satu.

Baca juga : Inilah alasan kamera DSLR garansi JDM jepang lebih murah

Mampu menghasilkan ketajaman gambar yang tinggi

Ketajaman yang dihasilkan oleh lensa jenis telephoto ini tentu saja jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan lensa kit standar bawaan kamera. Walaupun anda meng - zoom maksimal ketika melakukan pemotretan, hasilnya ketajaman gambarnya pun tetap tinggi. Termasuk juga ketika kalian melakukan crop foto, tingkat dari ketajaman gambarnya masih tetap terjaga dengan baik.

Memerlukan shutter speed tinggi

Guna mendapatkan sebuah foto dengan gerakan yang cepat maka yang dibutuhkan adalah shutter speed yang tinggi pula. Dan memang lensa tele ini seringkali digunakan untuk memotret benda bergerak. Oleh sebab itu jika anda ingin mengambil foto yang bergerak misalnya kuda yang sedang berlari maka kalian perlu melakukan setting shutter speed ke angka yang tinggi pula agar objek yang difoto bisa jelas terjepret dengan sempurna. Dengan menggunakan shutter speed yang tinggi ini juga mampu menjaga foto foto yang dihasilkan menjadi tidak kabur / blur.

Memotret benda langit / astro fotografi

Dengan menggunakan lensa ini kalian pun bisa menghadirkan objek langit seperti bulan dan bintang untuk dimasukkan kedalam bingkai gambar anda. Mungkin banyak juga yang mengira bahwa lensa ini tidak cukup mampu melakukan hal itu padahal dengan sebuah lensa tele yang berukuran cukup panjang kalian bisa menggunakan layaknya sebuah teleskop walaupun gambar benda langit yang terpoto tidak dapat terlihat secara detail.

Kekurangan lensa tele / telepotho lenses


Kurang fleksibel untuk dibawa

Mungkin memang karena ukuran lensa ini memang sedikit lebih besar dibandingkan lensa lensa lainnya, membuatnya tidak begitu fleksibel untuk digendong kemana mana sebab selain ukurannya yang lebih jumbo, juga memiliki berat yang lumayan membuat bahu anda kelelahan jika memaksa membawa lensa ini mendaki gunung dan sebagainya. Semakin panjang fokal lensa maka semakin bertambah berat dan besar pula ukurannya. Namun demikian akan terbayarkan dengan hasil jepretan yang maksimal dan rasa puas yang kalian dapatkan dari lensa tele ini.

lensa tele super

Harus menggunakan tripod kamera

Karena ukuran dari lensa ini yang super dari lainnya membuatnya kurang begitu enak dipegang bahkan untuk ukuran yang memiliki focal lenght lebih jauh memerlukan tenaga yang besar untuk mengangkat dan mengarahkan lensa ke objek yang akan difoto. Oleh sebab itu andapun mau tidak mau harus menggunakan sebuah tripod agar selain anda tidak kecapek an, menggunakan tripod ini dapat menghindarkan getaran selama pemotretan.

camera tripod


Jarang  diberikan fitur stabilizery

Nah untuk yang satu ini memang kebanyakan lensa telephoto tidak disematkan fitur anti guncang atau vibratioj reduction guna meminimalkan efek getar selama pengambilan gambar. Karena ini pulalah kalian harus memperhatikan point sebelumnya diatas yakni menggunakan sebuah tripod untuk mengambil gambar. Oh iya, bila ternyata lensa milik anda terdapat fitur stabilizer sebaiknya tidak diaktifkan ketika menggunakan tripod karena malah akan membuat gambar yang dijepret menjadi kabur.

Harganya mahal

Memang dunia fotografi ini adalah hobi yang membutuhkan banyak sekali dana, bayangkan saja kamera jenis DSLR pemula yang paling murah saja harga barunya sekitar 5 jutaan. Bahkan sebuah lensa kamera memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan body kamera itu sendiri dan salah satunya adalah lensa tele ini.

Baca juga : Urutan kelas kamera DSLR Nikon Lengkap

Bagi kalian yang mungkin memiliki hobi fotografi dan minim budget, atau seorang profesional sekalipun lebih baik disarankan untuk menyewa saja lensa tele ketimbang membeli. Sayang kan bila anda harus mengeluarkan uang sampai jutaan bahkan berpuluh juta hanya untuk sebuah lensa tele dan jarang digunakan ?. Harga sewa lensa tele pun termasuk murah per harinya antara 100 ribu sampai 200 ribu saja. Namun bila kalian memang termasuk orang yang kelebihan dana tidak masalah untuk mengoleksi banyak lensa telephoto ini :).