Home » » #8 Aksesoris Yang Sebaiknya Wajib Dimiliki Fotografer

#8 Aksesoris Yang Sebaiknya Wajib Dimiliki Fotografer

Advertisement
#8 aksesoris wajib fotografer - Memang pada dasarnya hanya membutuhkan sebuah kamera plus lensa untuk dapat menjalankan hobi ataupun pekerjaan mereka sebagai seorang fotografer. Namun demikian sebenarnya ada beberapa aksesoris lain yang bisa dibilang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fotografer sebagai penunjang kebutuhan dalam berkarya.

Nah dibawah ini adalah 8 aksesoris yang sebaiknya dimiliki oleh seorang fotografer baik yang masih tingkat pemula, sekedar hobi ataupun yang sudah mahir yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Aksesoris Yang Sebaiknya Dimiliki Seorang Fotografer




Tas Kamera /Camera Bag

Tas kamera adalah sebuah tas yang didesain secara khusus untuk tempat menyimpan dan membawa perangkat kamera beserta lensa dan peralatan pembersihnya. Jadi intinya tas ini bukanlah seperti tas kebanyakan pada umumnya, tas ini didesain dengan bahan khusus yang kuat dan kokoh pada bagian luarnya, serta terbuat dari bahan yang lembut dan halus pada bagian dalamnya.

Pada bagian dalam tas terdiri dari ruang atau sekat tertentu guna meletakkan body kamera, lensa beserta aksesoris lainnya pada posisi yang telah ditentukan. Dengan memiliki tas kamera ini akan membuat anda tidak kuatir lagi kamera yang kita miliki akan rusak sebab biasanya tas khusus ini dibuat tahan terhadap guncangan dari luar dan anti air.

Baca juga : Ini kehebatan lensa prime 50mm dibanding lainnya

Strap Kamera

Strap kamera adalah aksesoris yang berbentuk seperti selempang dan terbuat dari bahan bahan yang kuat seperti dari kulit atau sejenis yang berfungsi sebagai penggantung kamera di badan kita. Dalam pembelian kamera DSLR biasanya sudah dilengkapi dengan strap bawaan, namun alangkah baiknya anda menggunakan strap yang enak dan nyaman dipakai, jika strap standar kurang enak digunakan sebaiknya beli saja produk aftermarket yang dijual bebas dengan harga terjangkau dipasaran.

Bagi kalian yang suka sekali travelling keberadaan strap ini sangatlah berguna sekali untuk menggantungkan kamera dibagian punggung, samping dan lain sebagainya di badan kita. Strap kamera yang bagus adalah yang nyaman dipakai serta bisa digunakan untuk melakukan pemotretan yang sulit.

Reflektor

Reflektor adalah segala sesuatu yang dapat memantulkan cahaya lembut ke objek yang akan difoto. Bentuk dari reflektor ini bervariasi mulai dari yang berukuran kecil hingga besar serta bentuknya yang bisa dilipat sampai yang permanen. Pemilihan reflektor juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Shutter release remote

Remot shutter release ini adalah sebuah aksesoris yang berfungsi sebagai pengendali menekan tombol shutter tanpa kita harus memencet tombol shutter, artinya dengan remote ini kita bisa memotret dari jarak yang cukup jauh dari kamera kita. Dengan adanya aksesoris yang satu ini tentu saja akan memberikan kemudahan bagi kalian yang suka sekali berfoto selfie ( self potrait ) menggunakan kamera DSLR. Jenis dari remote shutter release ini ada 2 macam, yang pertama adalah yang menggunakan kabel dan yang kedua adalah menggunakan jaringan wirelles ( tanpa kabel ).

Baca juga : Arti dan fungsi shutter speed pada kamera

Tripod kamera

Tripod adalah salah satu aksesoris yang sangat wajib dimiliki oleh fotografer karena dengaj adanya tripod ini kita dapat melakukan pemotretan yang stabil ( tidak blur ), menghasilkan gambar yang tajam dan dapat memotret makro ataupun bagi kalian yang ingin mengutamakan komposisi tertentu dalam pengambilan gambar. Dengan memanfaatkan tripod ini kita menjadi gampang untuk mensetting shutter speed sedikit atau bahkan dalam waktu yang lama seperti salah satunya untuk pengambilan foto jejak trail atau jejak lampu di jalan raya pasti wajib hukumnya menggunakan tripod ini. Untuk cara pengambilan gambar jejak lampu mungkin akan kita bahas dilain waktu.

Pena lensa

Pena lensa juga merupakan aksesoris yang terbilang wajib dimiliki oleh anda yang hobi fotografi. Fungsi dari alat ini ialah untuk membersihkan segala debu terutama debu yang ada pada bagian luar lensa dan kamera. Cara membersihkan bagian lensa kamera menggunakan pena lensa ini sebaiknya dilakukan dengan sangat hati hati, dan jangan lupa membersihkan pena lensa setelah digunakan.

Rain Cover

Rain cover ini sangat berguna sekali bagi kalian yang melakukan pemotretan dalam kondisi gerimis atau hujan. Ingat jangan pernah memaksakan diri melakukan pengambilan gambar tanpa menggunakan aksesoris yang satu ini walaupun kamera anda tahan banting dan tahan air sebab yang namanya apes bisa menimpa siapa saja bukan ?. Ingat bahwa jamur sangat suka dan cepat sekali tumbuh di area area yang memiliki kelembaban tinggi, jika kalian memaksakan memotret di kondisi hujan tanpa rain cover bisa dipastikan jamur akan mulai tumbuh terutama dibagian lensa kamera.

Baca juga : Arti dan fungsi aperture pada kamera

Nah itulah tadi beberapa piranti yang wajib dimiliki oleh seorang fotografer sebagai penunjang mereka dalam berkarya. Semoga bermanfaat.