Home » » #7 Kehebatan Lensa Kamera Prime 50mm

#7 Kehebatan Lensa Kamera Prime 50mm

Advertisement
Kelebihan lensa prime 50mm - memang lensa prime dengan panjang focal lenght 50mm ini hampir mirip dengan ketika anda menggunakan lensa kit 18 - 55mm yang dilakukan zoom secara maksimal. Lensa prime 50mm ini bagi kamera rop adalah layaknya lensa tele dengan ukuran yang sangat pendek, sedangkan bagi kamera dengan sensor fullframe lensa ini sama halnya dengan lensa standard.

Bila kalian belum pernah menggunakan jenis lensa yang satu ini mungkin anda akan bertanya tanya buat apa membeli lensa kamera yang tidak dapat dilakukan Zoom dan hanya memiliki focal lenght agak canggung untuk digunakan ? Dan kenapa tidak membeli lensa yang lebar atau membeli lensa tele saja yang lebih powerfull untuk memotret ?

Padahal bila anda tahu beberapa kehebatan yang bisa dilakukan oleh sebuah lensa berfocal pendek 50mm ini, anda akan berdecak kagum dibuatnya karena ternyata lensa mungil ini begitu fantastis. Apa saja sih kelebihan dari lensa prime berfocal lenght 50mm ini ? silahkan disimak dengan baik ulasannya dibawah ini.

Baca juga : Apa itu lensa Prime atau lensa Fixed




7 Keistimewaan Lensa Prime 55mm


1. Cepat

Sebuah lensa prime berukuran 50mm ini mempunyai aperture yang maksimal yang dapat memungkinkan kita untuk melakukan pengambilan gambar didalam ruangan yang minim akan cahaya. Dengan bukaan yang maksimal yaitu f/1.8 ataupun f/1.4 anda masih dapat mengambil gambar walaupun dalam kondisi yang remang remang dimana lensa lensa lain sudah tidak memungkinkan untuk melakukan hal ini.

Contoh simpelnya adalah lensa Canon EF 50mm f/1.4 mempunyai aperture maksimalnya di posisi f/1.4 sedangkan lensa kit 18 - 55mm mempunyai aperture maksimum pada posisi f/5.6. Dari hitungan stop maka lensa prime ini memiliki 4 stop bila dibandingkan dengan lensa kit atau lensa bawaan kamera standard tadi. Tentu saja 4 stop ini ialah jumlah yang sangat banyak, ini berarti kalian dapat memotret tanpa harus mengandalkan bantuan flash di lokasi yang remang, selain itu lensa ini juga mampu menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus sekali. Untuk memahami apa itu foto bokeh silahkan baca tulisan kami sebelumnya di : Pengertian foto bokeh di dunia fotografi

2. Dapat difungsikan sebagai lensa potrait pada kamera crop

Pada kamera jenis crop yang memiliki crop factor senilai 1.5, lensa prime 50mm ini memiliki panjang focal lenght yang efektif sebesar 75mm ( nilai 75 diperoleh dari 50mm x 1.5 ) yang artinya bila kalian menggunakan kamera DSLR crop, maka sama halnya kalian telah memiliki lensa tele pendek yang sangat ideal untuk melakukan foto potrait.

3. Bebas zoom alias sudah fixed

Lensa prime ini disebut juga dengan istilah lensa fixed yang berarti lensa ini ukurannya adalah tetap dan tidak dapat dilakukan zoom lagi. Guna mengubah frame atau bingkai foto kalian harus menggerakkan tubuh kedepan ataupun kebelakang kan ? Nah tanpa anda sadari, disini anda telah belajar mengolah kemampuan anda untuk membuat komposisi serta memahami kebiasaan dari lensa ini sehingga anda menjadi terbiasa menggunakannya dan tidak kagok. Bukankah itu malah membuat repot kita saat mengambil gambar ? Oh tentu saja ini adalah hal yang positif sebab dengan tidak bisa dizoom, lensa ini membuat anda menjadi lebih kreatif dan dapat melatih mata serta membantu kalian dalam memahami beberapa aspek terpenting didalam seni fotografi.

Baca juga : Tips membeli lensa bekas berkualitas dan aman

4. Memiliki performa optik yang sangat bagus

Kualitas dari gambar yang dihasilkan dari lensa 50mm ini sangatlah tinggi walaupun lensa yang anda gunakan berkualitas rendah alias berharga murah. LEnsa 50mm ini dapat menghasilkan kualitas foto yang jauh lebih tajam dan bebas dari chromatic aberration sehingga jika dilihat dari segi ekonomis anda tidak perlu merogoh kantong lebih dalam guna membeli lensa tele yang harganya bisa sampai jutaan hingga puluhan juta. Dan yang paling penting lagi ialah lensa jenis ini sudah sangat lama digunakan bahkan jika dihitung usianya sudah berpuluh puluh tahun lamanya sehingga dapat dikatakan lensa ini memiliki banyak pengalaman dikelasnya. Selain itu desain dari lensa berfocal lenght 50mm ini memiliki bentuk yang kecil mungil, berbeda dengan bentuk lensa zoom yang memiliki dimensi dan bobot yang besar.

5. Lebih ringan dari lensa lainnya

Dipastikan hampir seluruh lensa yang berfocal 50mm ini memiliki ukuran yang kecil mungil sehingga sangat ringan bila dibandingkan dengan lensa lensa jenis lain. Ketika anda harus menempuh perjalanan jauh yang tidak dapat diakses dengan kendaraan dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, anda tidak perlu kuatir akan sakit punggung karena membawa lensa prime ini, kecuali anda membawa seluruh koleksi lensa ketika dalam perjalanan :).

6. Dapat digunakan sebagai lensa makro

Jika anda tidak memiliki lensa makro untuk membuat seni fotografi makro, tenang saja sebab lensa prime 50mm ini bisa anda sulap menjadi sebuah lensa makro. Dengan memanfaatkan Extention tube atau jika kalian dapat memasangnya secara terbalik dengan memanfaatkan reverse ring, kalian sudah bisa mengubah lensa prime ini menjasi sebuah lensa berkemampuan makro yang kualitasnya jangan diragukan lagi istimewanya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini pemasangan lensa secara terbalik menggunakan reverse ring.



7. Harganya sangat terjangkau

Lensa prime 50mm ini adalah lensa yang memiliki kualitas sangat fantastis serta yang lebih penting lagi ialah harga dari lensa ini sangat terjangkau sekali bila dibandingkan dengan jenis lensa lain. Kalian bahkan dapat membeli lensa prime 50mm f/1.8 ini baik untuk body kamera Nikon ataupun Canon dengan harga di kisaran Rp 1 juta rupiah.

Baca juga : Apasih artinya jual beli kamera BO itu ?