Home » » Mengenal Dan Belajar Levitation Photography

Mengenal Dan Belajar Levitation Photography

Advertisement
Fotografi melayang - pernahkah anda melihat sebuah foto dengan objek seorang manusia yang seolah olah sedang melayang bebas di udara tanpa alat bantu apapun yang terkesan keren dan membuat anda juga ingin membuat sebuah foto seperti itu ? jika anda pernah melihat detail foto yang demikian, maka itulah yang dinamakan dengan Levitation Photography atau fotografi melayang.

Pengertian fotografi levitasi atau melayang

Ialah sebuah teknik yang biasa digunakan dalam pengambilan gambar atau pemotretan dengan objek utamanya adalah manusia, yang didesain sedemikian mungkin hingga objek tersebut terlihat seperti melayang tanpa adanya alat bantu apapun. Pemotretan ini dilakukan oleh seorang model yang melakukan lompatan yang nantinya akan menghasilkan efek melayang diudara. Tentunya lompatan ini berbeda dengan teknik jump shoot ( mengambil foto saat lompat seperti sedang merayakan sesuatu ).

foto melayang


Cara membuat foto levitasi / melayang di udara

Cara pembuatan foto levitasi ini bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah dengan bantuan software editing yakni menggabungkan dua buah foto menjadi satu frame dengan teknik masking, kemudian melakukan editing dengan software seperti potoshop atau sejenisnya hingga menghasilkan gambar yang seolah olah seperti melayang.

Dan yang kedua adalah dengan pengambilan gambar secara langsung dengan menggunakan kamera, jadi teknik langsung ini tidak membutuhkan proses editing lagi, mungkin editing kecil seperti pengaturan warna dan lain sebagainya sehingga efek melayang benar benar murni dilakukan dengan gaya dan kreatifitas antara si model dan juga sang fotografernya.

Caranya adalah si model harus melakukan sebuah lompatan dengan gaya yang se alami mungkin dan tanpa beban namun tidak terlalu banyak melakukan ekspresi. Untuk bisa menghasilkan sebuah foto melayang yang benar benar sempurna maka baik model maupun juru foto harus melakukan diskusi terlebih dahulu sebelum melakukan pengambilan gambar.

foto melayang

Setelah berhasil menemukan ide foto yang nantinya akan dijadikan tema, selanjutnya model akan melakukan lompatan santai tanpa beban dan sedikit ekspresi. Sedangkan sang fotografer melakukan pengambilan gambar di saat yang sangat tepat. Agar tidak terlalu banyak mengulang adegan pergunakanlah mode burs / continous fotografi sehingga sekali jepret kita akan langsung menghasilkan banyak foto. Atau anda juga bisa melakukan penyetelan timer untuk melakukan pengambilan foto dalam jumlah banyak.

Pastikan juga anda melakukan pemotretan di area yang memiliki intensitas cahaya yang pas, artinya tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap agar nantinya bayangan objek bisa lebih diperkuat dan membuat sang model tadi benar benar melayang di udara. Untuk pengguna kamera DSLR bisa memanfaatkan shutter speed tinggi diatas 1/500 agar nantinya gambar yang tertangkap menjadi lebih fokus.

Untuk posisi pengambilan foto terbaik adalah dari posisi bawah atau low angle sehingga seolah olah memberikan kesan atau efek si model tadi terlihat terbang tinggi ketika melakukan gerakan melayang atau levitasi. Dan pose pose unik pun bisa kalian manfaatkan untuk ide tema foto seperti saat sedang melakukan kegiatan sehari hari, menyapu halaman rumah dan melayang diatas sapu dan lain sebagainya.

Untuk lebih membuat lebih meyakinkan pergunakan kostum yang tidak mudah bergerak oleh gerakan ataupun angin misalnya menggunakan baju yang press body atau baju yang kaku. Bila perlu jepit bagian bagian yang mungkin bergerak saat pengambilan gambar yang nantinya malah membuat hasil jepretan kurang bagus. Bila si model memiliki rambut yang lumayan panjang, agar tidak terburai saat melakukan lompatan anda bisa mengaplikasikan hair spray agar rambut sang model lebih kaku dan tidak mudah goyah.

Dan yang terakhir pastikan saat akan melakukan lompatan anda bisa mendarat dengan aman, selamat dan tentunya tidak melukai sang model. Hindari lokasi berbahaya misalnya melompat di tepi jurang, atau melompat dari atap gedung karena jika si model jatuh bisa wassalam.

foto melayang


Untuk teknik levitasi ini selanjutnya bisa kalian kembangkan menjadi lebih baik lagi dengan cara melakukan trial and error. Bagi yang tidak memiliki kenalan untuk dijadikan model bisa menggunakan HP saja yang dilempar baru kemudian anda foto heheehe, Selamat mencoba bereksperimen.