Home » , » Mengenal Dan Belajar Fotografi Infrared

Mengenal Dan Belajar Fotografi Infrared

Advertisement
Belajar Fotografi Infrared
Infrared Photography by : paolopettigiani


Infrared photography - Diatas adalah salah satu fotografi infrared hasil karya dari seorang fotografer asal italia yang bernama paolopettigiani yang lokasi pengambilan gambarnya berada di daerah NYC Central Park. Beberapa foto hasil jepretannya diatas sudah banyak dimuat di berbagai surat kabar dan majalah di berbagai belahan dunia loh. Untuk mengetahui siapa paolopettigiani lebih dalam bisa langsung mengakses situs pribadinya dengan url sesuai dengan namanya di https://www.paolopettigiani.com/.

Fotografi infrared termasuk kedalam salah satu kategori foto seni atau Art, dimana mengunggulkan warna yang sangat kaya. Hal ini berbeda dengan foto biasa kebanyakan yang menjepret gambar sesuai dengan warna aslinya, pada jenis foto infrared kita bisa mengubah warna dari gambar yang akan kita jepret menjadi sesuai dengan keinginan kita dimana banyak orang lantas menyebutnya sebagai foto salah warna atau false colour, yang menjadi ciri khas dari foto infrared. Oh iya karena warna hasil jepretan dari foto infrared ini tidak bisa dimasukkan kedalam foto kategori jurnalistik akibat hilangnya warna asli ( tidak sesuai ).

Untuk bisa melakukan pengambilan gambar seperti ini ada dau cara yang bisa kita lakukan, yang pertama adalah dengan melakukan penambahan filter infrared pada lensa kamera kita, dan yang kedua adalah dengan melakukan oprek mesin kamera, yakni dengan jalan membongkar mesin sebuah kamera yang akan dijadikan kamera infrared, dan selanjutnya mencabut Hot Mirror didalamnya dimana Hot Mirror ini berfungsi untuk meredam sinar infra merah dan kemudian diganti dengan komponen lainnya. Dari kedua cara, hasil jepretan kamera sangat bagus jika menggunakan kamera yang telah dioprek. Untuk penggunaan filter infrared terkadang membuat kecepatan kamera menjadi sangat lambat sehingga hasil foto menjadi kurang begitu bagus.

Bagaikan gading yang tak retak, meskipun hasil jepretan foto infrared ini lebih bagus diambil dengan kamera yang sudah dioprek, proses melakukan oprek ini tentu harus membongkar mesin kamera sehingga hal ini akan merusak segel garansi yang kemudian menyebabkan garansi kamera menjadi hangus. Selain itu jasa untuk melakukan oprek kamera ini masih tergolong mahal di kisaran angkar 1 sampai 3 jutaan tergantung skil dan kemampuan si oprekers nya. Dan karena resiko yang bisa dibilang besar untuk sebuah kamera, banyak yang lebih memilih untuk membeli kamera jadul yang telah habis masa garansinya untuk di oprek menjadi kamera infrared.

Karena warna yang dimiliki dari foto infrared ini kaya warna, membuat kamera infrared dengan prinsip false color banyak dipakai selain untuk mengabadikan foto lanscape seperti pemandangan alam, juga digunakan untuk pengambilan gambar modeling, terutama foto foto pre wedding yang pastinya akan memberikan kesan luar biasa indah, bagus dan lain daripada yang lainnya.

Belajar fotografi infrared

Satu satunya jalan agar anda bisa belajar fotografi infrared ini adalah dengan memiliki sebuah body kamera yang telah dioprek dan dijadikan infrared, atau bsia juga anda memanfaatkan filter lensa infrared yang banyak di jual di toko aksesoris kamera.

Kelemahan kamera infrared hasil oprekan

Selain harga jasa oprek kamera untuk dijadikan infrared sangat mahal dan beresiko menghanguskan jaminan garansi mesin, juga membuat kita harus membawa setidaknya dua buah kamera yakni kamera biasa / normal dan kamera yang telah dioprek menjadi infrared untuk melakukan pengambilan gambar yang berbeda. Sehingga kesannya sangat repot dan terlalu berat dibawa kemana mana jika harus membawa lebih dari satu body kamera.

Untuk hasil karya infrared photography dari paolopettigiani silahkan lihat beberapa penampakan dibawah ini, atau bisa langsung kunjungi ke situs miliknya di https://www.paolopettigiani.com/infrared-nyc

Belajar Fotografi Infrared

Belajar Fotografi Infrared

Very thanks to :

Picture by : paolopettigiani
website     : https://www.paolopettigiani.com/infrared-nyc