Home » , » Mengenal Arti Singkatan Yang Ada Pada Lensa Nikon

Mengenal Arti Singkatan Yang Ada Pada Lensa Nikon

Advertisement
Arti singkatan di lensa Nikon - penataan dalam pemberian nama pada lensa kamera Nikon terkadang bagi sebagian orang terasa membingungkan sebab mengharuskan para penggunanya mengetahui terlebih dahulu singkatan yang ada pada body lensa guna mengenal secara detail spesifikasi yang ada pada lensa tersebut.

Nah pada kesempatan yang baik ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai arti singkatan yang ada pada lensa kamera Nikon sehingga dapat memudahkan anda mengerti dan mengetahui spesifikasi yang ada pada sebuah lensa kamera Nikon, khususnya memudahkan anda dalam memutuskan untuk memilih lensa yang bagaimana yang akan kalian beli.

arti singkatan kode lensa nikon

AF

Adalah kependekan dari istilah Auto Focus dimana lensa dengan kode ini berarti memiliki fitur Auto Focus yang dapat diatus fokusnya secara otomatis lewat kamera.

Baca juga : Daftar kamera DSLR Nikon harga murah berkualitas

AF-S - Auto Focus with Silent Wave Motor

Lensa kamera Nikon dengan kode seperti diatas berarti menandakan bahwa lensa kamera tersebut memiliki motor didalamnya, sehingga jenis lensa ini dapat digunakan dan bekerja pada seluruh kamera DSLR Nikon baik yang belum ataupun yang telah memiliki motor sendiri. Beberapa jenis kamera Nikon yang belum memiliki motor fokus seperti D40, D60 ataupun D5000.

AF-D – Auto Focus with Distance Information

Arti kode "D" setelah kode AF ini berarti Distance Information, jadi secars keseluruhan lensa yang menggunakan kode AF-D ini selain dapat secara otomatis melakukan auto fokus, juga menyediakan detail jarak antara lensa dan objek foto yang akan dipotret. Fungsi informasi jarak ini biasanya dimanfaatkan guna menentukan metering.

SWM - Silent Wave Motor

Lensa Nikon dengan kode seperti ini adalah lensa yang mempunyai kelebihan yakni melakukan penggantian dari auto fokus ke manual fokus dengan cepat cukup dengan memutar fokusing ring, jadi berbeda dengan cara pengantian fokus yang ada pada lensa jenis AF -D ya.

IF – Internal Focusing

Lensa kamera Nikon dengan kode IF ini memiliki kemampuan mencari sebuah titik fokus dengan sangat cepat cukup dengan menggerakkan beberapa elemen yang ada didalamnya, tanpa harus menggerakkan bagian barell lensa. Atau dengan kata lain kemampuan lensa berkode "IF" ini dalam mencari titik fokus lebih cepat dibandingkan lensa non IF. Jenis lensa Nikon yang memiliki kode seperti ini contohnya adalah Nikon 70 - 200mm f/2.8 VR ll ataupun Nikon 18 - 200 f/3.5 - 3.6 VR ll.

RF – Rear Focusing

Kode RF pada lensa ini mengindikasikan bahwa lensa jenis ini dalam mencari sebuah titik fokus adalah dengan menggerakkan beberapa elemen internal yang ada pada bagian belakang lensa.

G

Bila kalian melihat ada kode huruf " G " dibagian belakanh aperture semisal lensa Nikon 50mm AF - S f/1.4G mengindikasikan bahwa lensa jenis ini tidak mempunyai ring guna mengatur aperture, dan memang hampir sebagian lensa Nikon yang modern bertype G.

Baca juga : Pengertian Aperture Lensa

Micro

Lensa dengan tulisan Micro ini mengindikasikan bahwa lensa tersebut memiliki fitur pengambilan gambar jarak dekat atau untuk fotografi makro. Micro = Macro.

PC-E - Perspective Control with Electronic Diapragm

Jenis lensa kamera yang memiliki kode PC-E ini sedikit unik karena memungkinkan lensa kamera digeser ataupun dibengkokkan dengan teknik tilt shift.

Baca juga : Yuk mengenal urutan kelas kamera DSLR Nikon dari yang pemula sampai Pro

Nah itulah tadi beberapa istilah yang ada pada lensa kamera DSLR Nikon, bagi yang belum begitu mengetahui istilah singkatan yang ada pada lensa Nikon semoga tulisan diatas dapat bermanfaat.