Home » » Pengertian Moire Pattern Dalam Dunia Fotografi

Pengertian Moire Pattern Dalam Dunia Fotografi

Advertisement
Moire pattern photography - Didalam konteks seni fotografi, kondisi moire pattern dapat terjadi ketika suatu obyek yang di foto terlihat memiliki suatu pola detail yang berulang ( seperti garis atau titik ) yang terlihat melebihi kemampuan dari resolusi sensor digital kamera. Akibat dari hal ini adalah didalam foto akhir akan muncul suatu pola tambahan yang terlihat aneh dilihat oleh mata kita yang sebenarnya tidaklah nyata.dimata dan tidak nyata. Agar anda lebih jelas mengetahui bagaimana bentuk dari moire pattern silahkan lihat gambar dibawah ini.

 

Apakah anda melihat suatu pola aneh berbentuk garis garis dalam foto diatas ? Dan begitulah bentuk dari pola unik nan aneh yang disebut dengan istilah moire pattern. Padahal didunia nyata ini moire pattern bahkan hampir tak pernah terlihat langsung oleh mata kita dikarenakan memang kondisi mata kita jauh lebih berkualitas.

Berbeda halnya dengan sebuah lensa kamera yang memang tidak sebagus mata kita sehingga jika lensa kamera berkualitas kurang baik dapat mengakibatkan munculnya moire pattern ketika dipakai memotret seperti dibaju, rambut, ulir tangga eskalator dan berbagai objek yang memiliki detail pola berulang dengan kerapatan gang rapat serta rumit biasanya akan menghasilkan detail moire pattern pada sebuah foto.

Pada sebuah kamera digital ini, moire pattern bisa terjadi dikarenakan bagaimana cara cahaya yang masuk kedalam sensor kamera serta bagaimana sensor kamera tersebut menginterpresentasikan cahaya yang masuk tadi. Memang moire ini sangat mengganggu bila sampai terjadi, untuk kalian yang terlanjur mempunyai gambar yang ada moire patternnya bisa mencoba menghilangkannya menggunakan software adobe lightroom walaupun cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan. Semoga bermanfaat.