Home » » Yuk Mengenal Lensa Kamera Jenis Makro

Yuk Mengenal Lensa Kamera Jenis Makro

Advertisement
Apa itu lensa makro - salah satu dari sekian banyak jenis lensa, yang paling diburu untuk dijadikan koleksi, yang dapat digunakan sebagai penunjang hobi fotografi ialah lensa jenis makro. Lensa makro ialah lensa kamera yang memiliki jarak fokus yang pendek sekali sehingga lensa ini sangat memungkinkan untuk digunakan mengambil gambar objek yang sangat dekat dan kecil ( objek makro ) seperti semut, lumut, hingga tetesan air yang ukurannya sangat kecil menjadi terlihat besar, fokus dan jelas.

Lensa makro ini memiliki panjang fokus yang beraneka ragam mulai dari 50 mm sampai dengan 200mm yang tentunya semakin besar nilai panjang fokus ini anda dapat memotret objek makro dari jarak jauh. Selain itu lensa makro ini bisa menghasilkan gambar dengan depth of field lebih kecil bila dibandingkan dengan lensa jenis lainnya.

Apa itu depth of field ?
Depth of field ini mengacu kepada seberapa banyak bagian yang ada didalam foto untuk tetap fokus, dengan nilai depth of field yang demikian kecil akan menghasilkan objek utama fokus, sedangkan objek lainnya terlihat ngeblur atau kabur atau bokeh. Dan karena keunggulan lensa jenis makro yang memiliki nilai DoF seperti itu akan membuat anda dapat mengambil objek utama foto dengan lebih fokus tanpa ada gangguan dari background objek yang dianggap tak begitu penting.

Selain itu lensa makro juga memiliki nilai perbesaran yang real, pada umumnya lensa jenis ini memiliki nilai 1:1 yang artinya adalah gambar yang ada pada sensor besarnya sama dengan gambar dari objek asli.


Dengan kemampuan yang aduhai tersebut harga yang dipatok untuk bisa mendapatkan lensa jenis makro ini sangatlah mahal dibandingkan dengan lensa jenis lainnya, hal ini tentu sangat sepadan dengan gambar yang kalian peroleh tentunya.

Bagi kalian yang minim budget untuk bisa membeli lensa jenis ini jangan kuatir, anda masih bisa menggunakan extension tubs yang harganya murah, namun jika dibandingkan dengan lensa makro asli tentu saja kalah jauh.