Home » , » Pengertian Flare Lensa Dan Memahami Keindahannya

Pengertian Flare Lensa Dan Memahami Keindahannya

Advertisement
Lensa flare fotografi - pada edisi kali ini ita akan membahas sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia fotografi khususnya yang menyangkut masalah lensa sebuah kamera. Mungkin bagi penyuka fotografi pemula masih belum begitu faham mengenai apa itu flare lensa bukan ?

Pengertian flare lensa

Flare lensa ialah suatu bentuk yang berkilau dan nampak asing yang tertangkap kamera saat melakukan pengambilan foto. Hal ini disebabkan karena kita melakukan kesalahan dalam mengambil gambar objek atau benda dimana kamera kita menghadap langsung datangnya arah cahaya baik itu cahaya lampu maupun cahaya matahari. Nah bila sampai terjadi keadaan yang seperti ini maka subjek foto yang kita ambil akan menjadi under exposure sedangkan backgroundnya lebih over exposure. Selain itu, dengan adanya flare lensa ini akan mempengaruhi gambar yang kita ambil seperti kurangnya kontras gambar serta saturasi warna.

Memang suatu kesalahan besar didunia fotografi jika mengambil gambar foto dimana kamera kita langsung menghadap ke arah cahaya. Bahkan seorang fotografer profesional pun sangat menghindari teknik yang satu ini. Bahkan beberapa produk kamera DSLR seperti nikon membuatkan sebuah lensa khusus yang dapat digunakan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan terjadinya flare lensa, mereka melapisi lensa lensa mereka menggunakan lapisan coating tipis khusus dan memberi nama lensa ini dengan sebutan Nikon Nano Cristal.
gambar flare lensa

Namun sangat berbeda halnya dengan dunia cinematography atau dunia perfilm an, teknik pengambilan gambar yang dapat membuat flare lensa ini malah seringkali digunakan karena dianggap mampu menciptakan suatu adegan yang sangat menarik dan biasanya disangkut pautkan dengan keindahan subjek yang diambil dalam suatu adegan film. Efek flare lensa ini biasanya dijadikan adegan ending suatu film dan lain sebagainya.
Sebenarnya suka atau tidaknya efek tersebut tergantung dengan minat dan selera masing masing saja disesuaikan dengan kebutuhan. Bila kalian memang tertarik untuk membuat foto dengan flare lensa ini kenapa tidak, mungkin saja kalian ingin melakukan trial and error untuk menghasilkan foto terbaik yang bisa kalian pamerkan ke teman sesama penghoby fotografi bukan :).

Proses terjadinya flare lensa

Sebenarnya flare lensa adalah seberkas cahaya yang masuk kemudian terpantul kedalam elemen kaca pada sebuah lensa kamera. Biasanya pantulan cahaya yang disebut dengan istilah flare lensa ini paling sering ditemukan atau didapatkan pada sebuah kamera dengan struktur optik yang rumit, namun hal ini tidak menampik kemungkinan bisa juga terjadi pada sebuah kamera yang memiliki struktur optik sederhana loh. Untuk bisa mendapatkan flare lensa ini dapat dengan mudah diterapkan, mulai dari pengambilan secara lanscape, potrait, still life dan lain sebagainya. Dan juga yang perlu anda tahu adalah semua kamera dengan sistem apapun saat ini juga sudah mendukung untuk terjadinya flare lensa, mulai dari kamera saku atau pocket cam sampai kamera super canggih DSLR yang berharga puluhan juta. https://ulasfoto.blogspot.com/

Baca juga : Arti kata FOTO BOKEH di dunia fotografi

Cara hasilkan efek flare lensa

Seperti yang telah saya jelaskan diatas sebelumnya mengenai proses terjadinya flare lensa, maka bila kalian berminat untuk memotret dengan efek flare ini caranya sangat mudah, cukup arahkan lensa kamera anda pada sebuah subyek yang mengarah langsung pada sumber cahaya. Anda bisa menggunakan cahaya alami seperti sinar matahari ataupun cahaya buatan seperti lampu, flashlight, senter dan lain sebagainya.

Baca juga : Arti istilah SC ( Shutter Count ) pada kamera DSLR

Nah sudah tahu kan arti dari flare lensa serta indahnya foto foto yang diambil menggunakan teknik yang konon katanya terlarang ini :). Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.

Kata kunci yang bisa anda gunakan untuk mencari tulisan ini

  • Cara mengambil foto dengan efek flare
  • teknik pengambilan gambar dengan lensa flare
  • Pengertian istilah flare lensa
  • Arti kata flare lensa
  • Indahnya foto dengan flare lensa